SENTRA PERAN BESAR

Bismillahirrahmanirrahin

Bermain peran sangat penting untuk dilakukan oleh anak.
Dengan pijakan dan arahan yang tepat, seorang anak akan memahami tugas dan kewajiban dari peran yang dimainkannya.
Kelak saat dirinya beranjak dewasa, pengalaman mainnya ini akan membekas pada ingatannya, dan akan diterapkan pada hidupnya nanti.

Dibutuhkan seorang guru yang luwes untuk memaparkan bermain peran di sentra peran haruslah bermain seperti sesungguhnya.

Bagaimana cara anak menuang air, bagaimana cara seorang dokter memeriksa pasiennya, bagaimana sikap seorang ayah ketika di rumah, bagaimana seorang pedagang menawarkan dagangannya agar laku.

Suatu ketika, guru sentra peran saya, Ms Ismi, menyampaikan pada saya (berkaitan dengan sub tema : dokter) bahwa ternyata baju operasi seorang dokter berwarna hijau karena warna merah (darah pada pasien) dapat mengakibatkan halusinasi pada mata dokter, apalagi jika jumlahnya sangat banyak dan lama rentang waktu melihatnya. Ternyata warna hijau dapat menetralkan warna merah.

Keesokan harinya saat memberikan gambar suasana ruang operasi pada siswa TK A, ada anak yang bertanya mengapa pakaian dokter saat operasi berbeda dengan baju yang ada di sentra peran CL (berwarna putih), maka guru pun dapat memberi jawaban sebagai nutrisi otak anak.

Seorang guru sentra peran mutlak mencari tahu apa saja yang berkaitan dengan peran-peran yang akan dimainkan oleh anak, terutama mengenai kewajiban sebuah peran, juga hal-hal lain yang berkaitan dengan peran, sebab semakin bertambah usianya, akan semakin kritis dan banyak pertanyaan yang anak ajukan, dan guru wajib menjawabnya dengan benar.

Beberapa kali pula saat berdiskusi dengan saya, saya harus menolak peran yang diajukan guru saya, sebab setiap peran harus berhasil mengalirkan tema yang sedang dibahas.
Sebab dengan peran ini, anak akan berhasil mengunci tema dengan bermain seperti yang sebenarnya, dan harapannya kelak saat dewasa, anak mampu bertanggung jawab dengan peran yang diambilnya.

Bahwa belajar itu wajib dilakukan hingga akhir hayat, sehingga saat ditanya oleh Allah Subhannahuwata’ala kelak, kita dapat menjawab bahwa waktu yang kita miliki di dunia telah kita manfaatkan dengan sebaik2nya. Dan semoga ilmu yang dialirkan menjadi amal jariyah yang tidak pernah putus, walaupun kelak kita meninggalkan dunia yang fana ini.
Insya Allah…

Balikpapan, 14 Maret 2019
Martina Irawati Riyadi
PAUD Umum & SDIT Creative Land

#goldenage #usiadini #paudterbaikbalikpapan #sentraperan #mainperan #sditbalikpapan #paudcreativeland #sditcreativeland

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s