Uncategorized

Kegiatan Rutin Bulanan : Berenang

 

Bismillaah..

2 November 2018 .

Jumat pekan ini PAUD CreativeLand mengadakan kegiatan rutin berenang di sepinggan pratama (SP)

Dikeluarkan oleh Imam An Nasa’i dalam Sunan-nya,

أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ وَهْبٍ الْحَرَّانِيُّ ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سَلَمَةَ ، عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحِيمِ ، قَالَ : حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحِيمِ الزُّهْرِيُّ ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِي رَبَاحٍ ، قَالَ : رَأَيْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ ، وَجَابِرَ بْنَ عُمَيْرٍ الأَنْصَارِيَّيْنِ يَرْمِيَانِ ، فَقَالَ أَحَدُهُمَا لِصَاحِبِهِ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : ” كُلُّ شَيْءٍ لَيْسَ فِيهِ ذِكْرُ اللَّهِ ، فَهُوَ لَهُوٌ وَلَعِبٌ ، إِلا أَرْبَعَ : مُلاعَبَةُ الرَّجُلِ امْرَأَتَهُ ،
وَتَأْدِيبُ الرَّجُلِ فَرَسَهُ ، وَمَشْيُهُ بَيْنَ الْغَرَضَيْنِ ، وَتَعْلِيمُ الرَّجُلِ السَّبَّاحَةَ “

Muhammad bin Wahb Al Harrani mengabarkan kepadaku, dari Muhammad bin Salamah, dari Abu Abdirrahim, ia berkata: Abdurrahim Az Zuhri menuturkan kepadaku, dari ‘Atha bin Abi Rabbah, ia berkata: aku melihat Jabir bin Abdillah Al Anshari dan Jabir bin Umairah Al Anshari sedang latihan melempar. Salah seorang dari mereka berkata kepada yang lainnya: aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “setiap hal yang tidak ada dzikir kepada Allah adalah lahwun (kesia-siaan) dan permainan belaka, kecuali empat: candaan suami kepada istrinya, seorang lelaki yang melatih kudanya, latihan memanah, dan mengajarkan renang”.

Berenang

Berenang adalah salah satu olah raga yang disunnahkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Renang merupakan olahraga yang banyak digemari orang serta menyehatkan dan menyenangkan. Tidak hanya menyenangkan untuk latihan olahraga, dilaporkan bermanfaat bagi tubuh dan untuk semua usia.

Selain itu olahraga renang tidak mengenal usia dan olahraga ini juga baik untuk kalangan anak-anak maupun ibu yang sedang hamil. Para ahli juga percaya bahwa manfaat renang memberikan seseorang agar lebih semangat.

Tapi apa sebenarnya yang dapat diambil dari berenang, apa saja sih manfaatnya?

Di antara manfaat berenang adalah :

1 . Meningkatkan stamina 🏃
2 . Melatih otot-otot tubuh 💪
3 . Melatih jantung dan paru-paru bekerja secara lebih efisien, yang mana memberikan sirkulasi oksigen keseluruh tubuh 😤
4 . Melatih daya mengapung ketika latihan 😆
5 . Juga untuk mengurangi ketegangan pada tubuh 😌

Itulah manfaat dari berenang. Sungguh banyak sekali bukan? Dan itu termasuk anjuran dari Rasulullah Muhammad SAW . Yuk mari kita jadikan olahraga berenang ini sebagai salah satu rutinitas kita dan untuk anak-anak kita..

Untuk anak usia dini, awalnya cukup kenalkan kegiatan bermain dan beraktifitas dalam kolam renang, kemudian secara bertahap mulai memperkenalkan tahapan dalam berenang.

Balikpapan, 3 November 2018
Robby Dirga Hernandi
PAUD Creative Land
SDIT Creative Islamic School

#parenting
#PAUDdiBalikpapan
#SDdiBalikpapan
#goodmanners
#GoldenAge
#AnakUsiaDini
#IndonesiaStrongFromHome

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s