school activity, School Information

RAMAH

Bismillahirrahmanirrahim

Sabtu ini PAUD Creative Land, mengikuti rangkaian outbond bersama sekolah PAUD lainnya, disini anak-anak bertemu dengan teman sebayanya dari luar sekolah.

ﻓَﺒِﻤَﺎ ﺭَﺣْﻤَﺔٍ ﻣِّﻦَ ﺍﻟﻠَﻪِ ﻟِﻨْﺖَ ﻟَﻬُﻢْۖ ﻭَﻟَﻮْ ﻛُﻨْﺖَ ﻓَﻈًّﺎ ﻏَﻠِﻴﻆَ ﺍﻟْﻘَﻠْﺐِ ﻻَﻧْﻔَﻀُّﻮﺍْﻣِﻦْ ﺣَﻮْﻟِﻚَۖ ﻓَﺎﻋْﻒُ ﻋَﻨْﻬُﻢْ ﻭَﺍﺳْﺘَﻐْﻔِﺮْﻟَﻬُﻢْ ﻭَﺷَﺎﻭِﺭْﻫُﻢْ ﻓِﻰ ﺍﻟْﺎَۛﻣْﺮِۖ ﻓَﺎِٕﺫَﺍ ﻋَﺰَﻣْﺖَ ﻓَﺘَﻮَﻛَّﻞْ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻠَﻪِۚ ﺍٕﻧَّﺎﻟﻠَﻪَ ﻳُﺤِﺐُّ ﺍﻟْﻤُﺘَﻮَﻛِّﻠِﻴْﻦَ . ‏

Artinya: “maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya”. (QS . Al’imran : 159)

Ramah adalah dimana kita sebagai mahluk hidup ciptaan Allah bersikap lemah lembut terhadap sesama manusia maupun kepada ciptaan Allah yang lainnya. Sikap ramah adalah sikap yang terpuji.
Sikap ramah harus kita ajarkan kepada anak-anak sejak usia dini.

Kenapa?

Dengan kita mengajarkannya sikap ramah sedikit demi sedikit akan menimbulkan sifat percaya diri yang sangat penting untuk kepribadian seorang anak yang sedang berkembang. Orang yang ramah akan disayangi oleh Allah dan juga akan disenangi oleh sesama manusia. Orang yang ramah memiliki budi pekerti yang baik, suka (senang) bergaul, selalu menyapa kepada siapapun (tidak pilih-pilih teman).

Karena kegiatan ini adalah kegiatan gabungan, dan kebetulan PAUD Creative Land bergabung dgn sekolah lain, maka hari ini, kami mengajarkan kepada anak-anak untuk berkenalan dgn teman-teman barunya.

1. Menyapa terlebih dahulu
2. Berkenalan dgn berjabat tangan
3. Menginformasikan nama dan sekolah mereka, lalu menanyakan nama dan sekolah teman barunya.

Bentuk dari keramahan yang lain ialah dengan :
• Wajah berseri 😊
• Tidak sinis 😒
• Tidak main alis 🤨
• Berjabat tangan 🤝🏻
• Menawarkan bantuan
• dan hal baik lainnya..

Mengapa sikap ramah ini sangatlah penting?
• Sikap Ramah diperlukan saat anak-anak menjadi dewasa dan mulai bergaul dengan orang2 baru
• Kemampuan bersikap ramah secara natural dan dari hati akan sangat mungkin diperlukan ketika anak2 bernegosiasi di kemudian hari
• Berbuat baik terhadap sesama dgn hati yg tulus akan bernilai dunia dan akhirat, sehingga insyaAllah semua akan bernilai di mata Allah SWT.

Jadi mari bimbing anak2 kita untuk dapat menumbuhkan karakter ini, disertai dengan rambu2 lain yg penting, sehingga akan menjadi kebiasaan baik nantinya.

Balikpapan, 20 Oktober 2018
Pak Robi
PAUD Creative Land
SDIT Creative Islamic School

PhotoGrid_1540077577643
#PAUDdiBalikpapan
#SDdiBalikpapan
#goodmanners
#GoldenAge
#AnakUsiaDini
#IndonesiaStrongFromHome

#parenting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s